Apa itu swing java ?
Swing Java adalah salah satu pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) di Java. Sesungguhnya di Java terdapat dua macam pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) yaitu : AWT dan Swing.
Namun dalam perkembangannya AWT sudah tidak dianjurkan untuk digunakan dikarenakan faktor keamanan. Banyak sekali fitur yang terdapat di Swing, namun dalam kesempatan ini kita hanya akan mengganti icon saja.
Walaupun Swing jarang di gunakan di aplikasi desktop base, karena kebanyakan developer lebih memilih menggunakan VB, Delphi ataupun .NET yang lebih ringan dan tidak makan banyak resource memory karena sifatnya yang native.
Namun penggunaan java bisa untuk lintas platform sehingga kita tidak perlu membuat aplikasi dua kali.
Memulai Coding
Tentunya saya tidak perlu mengingatkan kembali, dimana anda harus menulis kode program java serta bagaimana cara melakukan kompilasi dan mengeksekusinya.
Dibawah ini kode program sebelum icon terganti
// SebelumGanti.java
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.SwingUtilities;
class SebelumGanti {
private static void gantiIcon() {
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
JFrame f = new JFrame("Icon Belum Terganti");
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
f.setSize(400, 400);
f.setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
gantiIcon();
}
});
}
}
Dibawah ini kode program untuk mengganti icon
// SesudahGanti.java
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.ImageIcon;
import javax.swing.SwingUtilities;
import java.awt.Toolkit;
public class SesudahGanti {
private static void gantiIcon() {
// ini membuat frame tampilan yang sama di semua sistem operasi
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
// membuat objek frame yang mempunyai judul
JFrame f = new JFrame("Icon Sudah Terganti");
// cara pertama untuk merubah icon pada swing
ImageIcon gambar = new ImageIcon("bomb.png");
f.setIconImage(gambar.getImage());
// cara kedua untuk merubah icon pada swing
f.setIconImage(Toolkit.getDefaultToolkit().getImage("bomb.png"));
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
f.setSize(400, 400);
f.setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
// aplikasi swing ditempatkan di thread yang berbeda
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
gantiIcon();
} });
}
}
Swing Java adalah salah satu pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) di Java. Sesungguhnya di Java terdapat dua macam pemrograman berbasis GUI(Graphical User Interface) yaitu : AWT dan Swing.
Namun dalam perkembangannya AWT sudah tidak dianjurkan untuk digunakan dikarenakan faktor keamanan. Banyak sekali fitur yang terdapat di Swing, namun dalam kesempatan ini kita hanya akan mengganti icon saja.
Walaupun Swing jarang di gunakan di aplikasi desktop base, karena kebanyakan developer lebih memilih menggunakan VB, Delphi ataupun .NET yang lebih ringan dan tidak makan banyak resource memory karena sifatnya yang native.
Namun penggunaan java bisa untuk lintas platform sehingga kita tidak perlu membuat aplikasi dua kali.
Memulai Coding
Tentunya saya tidak perlu mengingatkan kembali, dimana anda harus menulis kode program java serta bagaimana cara melakukan kompilasi dan mengeksekusinya.
Dibawah ini kode program sebelum icon terganti
// SebelumGanti.java
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.SwingUtilities;
class SebelumGanti {
private static void gantiIcon() {
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
JFrame f = new JFrame("Icon Belum Terganti");
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
f.setSize(400, 400);
f.setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
gantiIcon();
}
});
}
}
Dibawah ini kode program untuk mengganti icon
// SesudahGanti.java
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.ImageIcon;
import javax.swing.SwingUtilities;
import java.awt.Toolkit;
public class SesudahGanti {
private static void gantiIcon() {
// ini membuat frame tampilan yang sama di semua sistem operasi
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
// membuat objek frame yang mempunyai judul
JFrame f = new JFrame("Icon Sudah Terganti");
// cara pertama untuk merubah icon pada swing
ImageIcon gambar = new ImageIcon("bomb.png");
f.setIconImage(gambar.getImage());
// cara kedua untuk merubah icon pada swing
f.setIconImage(Toolkit.getDefaultToolkit().getImage("bomb.png"));
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
f.setSize(400, 400);
f.setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
// aplikasi swing ditempatkan di thread yang berbeda
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
gantiIcon();
} });
}
}
Komentar
Posting Komentar